Cara Mudah Tune Up Motor Matic

Agar Motor Matic tidak boros, kita dapat engupgradeatau tune-up karburator, dengan diservis ulang dan dicek keausannya, sekaligus memeriksa setingan karburator yang sudah berubah dan banyak peranti yang mungkin sudah aus, dan sudah harus diganti.

Peranti karburator yang perlu diperhatikan adalah, jarum skep, main jet dan pilot jet. Jarum sekep dan rumahnya (needle jet), berfungsi mengatur berapa banyak bensin yang disemprotkan ke ruang bakar, sesuai pelintiran gas. Kalau jarum ini sudah aus, tirus atau baret, maka akan menyebabkan mesin ndut-ndutan, karena jumalh bensin yang terhisap dengan udara masuk tidak lagi seimbang. Hal ini mengakibatkan, motor tidak ada larinya, dan pemakaian bensin pun ikut tambah.

Komponen lainnya yang mesti dicek yaitu pilot jet. Siapa tahu pernah diganti ukuran lebih gede atau lubangnya aus. Peranti ini berfungsi untuk menjaga kelangsaman/setasioner saat besutan berhenti. Bila lubangnya tidak standar lagi, motor susah langsam dan setelan gaspun minta digedein biar enggak mati–mati. Tapi akibatnya konsumsi BBM lebih boros.

Selain komponen / peranti yang harus diganti, main jet berfungsi sebagai pengatur jumlah BBM yang disemprotkan ke ruang bakar saat putaran menengah atas. Jika peranti ini lubangnya sudah tampak terlalu longgar / aus, yang mana akan mempengaruhi debit BBM. Semakin longgar lubangnya, BBM yang dikonsumsi semakin banyak, sebaliknya jika lubangnya semakin kecil, maka konsumsi BBM semakin irit. Untuk itu, kita perlu mengembalikan ukurannya sesuai bawaan motor.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More