Jakarta (OtO) - Tips Cara Mudah ngebenggkel di OtO Indonesia.
Langkah-langkah yang harus diambil saat menyetel Rpm
- Panaskan motor kurang lebih 2 menit
- Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor, hingga putaran mesin menengah atau + 4000 RPM
- Setel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil
- Besarnya stelan angin adalah kurang lebih antara 2 – 3 putaran. (putar kekanan mentok putaran 360 derajat, dan kembalikan kekiri hingga 2 – 3 putaran hingga ke temu putaran mesin yang paling stabil)
- Kecilkan RPM dengan memutar Baut Penyetel Langsam, kekiri hingga ditemukan 1200 - 1300 RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer. Kendala saat Menyetel Langsam :
- Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil)
- Amati lubang Main Jet dan Slow Jet, jangan sampai ada yang menyumbat, periksa apakah sudah terpasang dengan baik
- Ukuran Main Jet dan Slow Jet sudah sesuai dengan standar, apabila tidak sesuai, maka akan susah untuk langsam, karena campuran Bensin tidak tepat
- Amati, apakah ada kebocoran udara pada karburator dan Intake Manifold
- Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung)
- Amati kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara
- Amati kedudukan Jarum Skep & Skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik
- Amati per skep mungkin sudah lemah
- Amati lubang Main Jet dan Slow Jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
- Amati, kemungkinan Bensin bercampur dengan air, hal ini dapat dilihat dari apakah knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik
- Amati, lubang main jet dan Pilot Jet, pastikan tidak tersumbat, dan sudah terpasang dengan baik
- Amati, apakah ada kerusakan pada Seal (karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas Skrup setelan angin dari karburator
- Amati dan pastikan, bahwa Skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah).
Foto : Istimewa
Terimakasih sudah membaca & membagikan Berita OtO Indonesia