Home » , » Agar Mobil Panjang Umur

Agar Mobil Panjang Umur


Jakarta (OtO) - Agar kita tidak dirongrong nantinya oleh kendaraan yang kita gunakan untuk kebutuhan sehari-hari, misal; antar anak sekolah, ke kantor, dlsb... Kiranya perlu perawatan yang tidak melulu mengeluarkan uang, antara lain :

1. Periksa, Isi, dan Ganti Air Radiator

Memeriksa air radiator, apakan masih pada posisi ideal level yang disarankan dalam buku petunjuk, atau sudah berkurang. Jika sudah berkurang sebaiknya segera isi hingga batas yang telah ditetapkan oleh pabrikan.

Selanjutnya, penggantian air radiator yang tidak asal-asalan atau sesuai dengan petunjuk, menjadi hal yang harus diperhatikan dalam perawatan mobil. 

Isi radiator yang benar, akan menunjang performa mobil itu sendiri


2. Cek Aki

Pastikan air aki mobil Anda pada level yang seharusnya, yakni di antara garis batas penanda (Batas atas, dan batas bawah), juga jangan lupa untuk mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter.

Baca juga :

Daftar Toko Aki di Depok


3. Periksa Kabel dan Lampu

Agar nyaman dan tidak bermasalah saat di jalan, memeriksa kondisi kabel dan lampu secara rutin adalah penting, antara lain

  • Apakah ada kabel yang kendur atau putus
  • Apakah lampu mulai redup. 

Jika ada ditemukan kerusakan dan harus diganti, gunakanlah spare part rekomendasi pabrik.


4. Rutin Cek Oli

Dengan rutin cek oli, seminggu sekali, atau terasa ada hambatan performa mobil Anda, Anda juga dapat mengetahui, berkurangnya oli, dikarenakan oleh seringnya Anda melintasi jalanan macet, atau ada paking yang rusak, hingga oli merembes keluar

Pada umumnya petunjuk dalam buku manual, bahwa Anda dianjutkan  untuk mengganti setiap 10.000 km atau 6 bulan sekali. 

Tetapi jika Anfa dalam kesehariannya sering melintasi kemacetan,  ada baiknya mengganti oli dilakukan setiap 5.000 km atau 3 bulan sekali.

Indikator lainnya, jika mesin mobil sudah terasa kasar, dan warna oli-nya sudah menghitam, juga encer, itu adalah tandanya saat Anda untuk ganti oli.


5. Periksa Rem

Rutinlah memeriksa kondisi rem, mulai dari minyak rem menambah atau menggantinya, hingga mengganti kampas rem.

Sebaiknya mengganti minyak rem setiap mobil Anda sudah menempuh 20.000 km.


6. Periksa Kopling

Saat Anda sudah menempuh 50.000,km periksalah kampas kopling yang sudah mulai aus, hal tersebut akan membuat perpindahan gigi terasa berat. Jika dianggap perlu dapat Anda ganti

Baca juga : 


7. Periksa Ban

Tekanan ban sangat penting untuk keselamatan, minimal sebulan sekali dan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Sesuaikan tekanan Ban saat Anda ingin bepergian jauh, atau keluar kota.

Perhatikan pula kondisi ban, jika terlihat sesuatu yang aneh ataupun rusak, sebaiknya segera diganti.

Baca juga : 


8. Membersihkan Mobil

  • Bersihkan Kaca - Bersihkan kaca depan, belakang, dan jendela, serta kaca spion adalah prioritas utama, dalam membersihkan mobil. Anda dapat menggunakan cairan khusus glass cleaner, dan periksa kualitas air. Pastikan karet pada jendela bersih dari kotoran, dan debu agar tidak membuat kaca gores,
  • Mencuci Mobil - Gunakan sabun cuci khusus mobil saat mencuci, dan gunakanlah lap yang halus, agar tidak merusak cat. Sementara, gunakan penutup mobil saat diparkir pada waktu yang lama, untuk menghindari lembab dan panas.
  • Bersihkan Interior - Bagian dalam mobil, seperti jok mobil, untuk menghindari perubahan warna secara cepat, yang dapat luntur karena atau.berubah warna, dikarenakan oleh tetesan keringat atau hal lain yang menempel. Jangan lupa pula, membersihkan juga kabin, dan karpet untuk mencegah tumbuhnya jamur.

Baca juga :


9. Pemilihan Bahan Bakar 

Agar mobil mempunyai performa mesin yang lebih baik, maka ada baiknya menggunakan bahan bakar yang beroktan tinggi, atau sesuai anjuran dari buku petunjuk dari pabrik. 

Penggunaan bahan bakar yang kurang bersih dapat berdampak pada  kinerja mesin mobil. Untuk itu, maka usahakanlah pengisian bahan bakar pada tempat yang resmi.

Foto : Istimewa

Terimakasih sudah membaca & membagikan OTO Indonesia

Newest
You are reading the newest post

OtO Indonesia

Populer

Banyak Dibaca