Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Knalpot

Bekasi (OTO.web.id) - Karat yang muncul pada knalpot ini bisa disebabkan oleh berbagai hal diantaranya, pemilik kendaraan jarang membersihkan kotoran yang menempel pada knalpot,  sering terkena air hujan, dan dibiarkan sampai mengering. Sehingga kotoran tersebut menimbulkan karat. Berikut ini adalah cara untuk menghilangkan karat pada knalpot.

Memakai Stempet
Sobat bisa menyediakan stempet. Kemudian hidupkan mesin sekitar 10 menit agar knalpot motor panas, setelah itu oleskan stempet ke bagian yang berkarat biasanya pada bagian leher knalpot. Nantinya knalpot tersebut akan berasap atau menguap. Dengan begitu karat di bagian leher knalpot akan hilang dengan sendirinya.

Memakai Pertamax Plus
Selanjutnya Sobat bisa memakai pertamax plus untuk menghilangkan noda yang ada di knalpot tersebut. Sebaiknya pertamax plus tersebut dicampurkan dengan minyak tanah, perbandingan 1:2. Lalu bisa oleskan pada bagian yang berkarat tersebut. Setelah itu sikat secara perlahan dengan menggunakan sikat gigi. Hasilnya penampilan knalpot akan menjadi lebih baik dari pada sebelumnya.

Menggunakan Porstex
Selain itu bisa juga memakai porstex, hal pertama yang harus dilakukan tuangkan porstex secukupnya ke dalam wadah yang sudah disiapkan sebelumnya. Setelah itu oleskan hingga rata dengan menggunakan kuas pada permukaan yang berkarat. Setelah rata, Sobat bisa siram dengan air hingga bersih kemudian lap sampai kering. Perlu di ingat bahwa jangan sampai porstex menetes ke bagian blok mesin karena bisa membuat catnya menjadi luntur.

Menggunakan Oli Bekas
Dan yang paling murah adalah dengan menggunakan oli bekas. Sobat hanya perlu menyiapkan oli yang sudah tidak terpakai secukupnya, lalu oleskan pada bagian knalpot yang berkarat, bisa dengan kuas atau dengan alat bantu lainnya. Setelah oli dioleskan, selanjutnya hidupkan motor dan biarkan selama beberapa saat supaya knalpot menjadi panas. Tujuannya agar oli yang telah dioleskan tersebut dapat dengan mudah melelehkan karat pada knalpot.

Menggunakan Pasta Gigi
Selain itu pasta gigi juga dapat digunakan untuk membersihkan karat. Namun pasta gigi ini lebih cocok jika digunakan untuk membersihkan karat knalpot yang dilapisi oleh krom.
Caranya pun sama dengan cara-cara yang sebelumnya, yakni dengan mengoleskan pasta gigi ini pada bagian knalpot yang berkarat. Biarkan hingga beberapa saat, kemudian gosok bagian yang berkarat tersebut dengan menggunakan kain lap hingga bersih.

Itulah beberapa cara yang dapat Sobat lakukan untuk menghilangkan karat pada knalpot. Dan cukup pilih salah satu cara yang menurut Sobat paling mudah. Demikian semoga bermanfaat. (AR)

Foto : Istimewa

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More