Cara Mudah Merawat Motor Tua

Foto : http://rama9d.blogspot.co.id
Bekasi (OTO.web.id) - Motor tua memang perlu perhatian khusus, dibandingkan dengan motor-motor baru yang masih diproduksi saat ini. Merawat motor tua atau klassik tidak susah, bisa dibilang mudah-mudah saja. Berikut ini adalah tips merawat motor tua, antara lain:

Rutin dipanaskan 3 hari sekali
Jika motor Sobat jarang sekali dipakai, maka panaskan motor setiap 3 hari sekali. Karena dengan memanaskan motor ini, kita dapat mengetahui setiap bunyi dan getaran yang dihasilkan, atau cepat bereaksi ketika motormu menunjukkan tanda-tanda ada yang salah.

Rajin mengganti oli mesin
Demi menjaga performa mesin motor Sobat agar tetap stabil, sebaiknya Sobat mengganti oli motor secara rutin setiap 1 bulan sekali (tergantung dari intensitas pemakaian motor Sobat dan kondisi jalan yang Sobat lalui setiap hari).

Perawatan atau servis berkala (tune up)
Tune up perlu dilakukan untuk mengetahui kemungkinan adanya beberapa komponen yang tergores (aus). Sehingga setelan mesin bisa berubah akibat keausan yang terjadi pada beberapa komponen mesin tertentu.

Membersihkan motor
Biar rangka motor lebih awet, rajinlah mencuci motor Sobat, agar tidak cepat berkarat dan keropos. Gunakan bahan bakar sesuai oktan. Karena dengan menggunakan bakan bakar yang sesuai oktan, akan menyempurnakan pembakaran mesin motor Sobat.

Perhatikan kondisi aki
karena aki merupakan sumber kelistrikkan motor yang harus dijaga. Namun jika aki sudah tidak menghasilkan arus listrik yang maksimal, dirankan lebih baik Sobat mengganti aki motor, sebelum Aki benar-benar rusak.

Perawatan busi
Periksalah busi secara berkala, agar dapat memaksimalkan pembakaran pada mesin dalam ruang pembakaran.

Demikian adalah tips merawat motor tua, semoga bermanfaat untuk sobat-sobat yang memiliki motor klassik. Terimakasih. (AR)

Sumber Foto : http://rama9d.blogspot.co.id

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More