Cara Mudah Merawat Kaca Spion Mobil

Spion sebagai alat bantu untuk melihat keadaan lalu lalang kendaraan di belakang kendaraan kita, seyogyanya sebagai hal yang selalu dalam kondisi prima. Kaca spion yang kurang prima, akan sangat terasa pada saat musim hujan, dimana kaca spion akan cepat buram bila kena air hujan. Untuk itu, perlu diperhatikan, antara lain:

Cara Membersihkan Bercak Air Hujan
Bila kaca spion terkena air yang mengandung asam seperti air hujan, akan menimbulkan flek-flek keputihan bergaris dan buram. Cara mudah untuk membersihkan bercak air tersebut adalah, dengan mencampurkan vinegar dan air dengan perbandingan ukuran  2:1. Vinegar adalah zat asam yang aman untuk kaca spion, jadi tidak usah khawatir akan hal itu.

Cara Membersihkan Lumpur
Untuk menghilangkan lumpur yang sudah lama dan kering, bersihkan dengan cara, mencampukan air dengan sabun / shampo khusus mobil. Siram spion dengan air campuran tersebut, dan diamkan beberapa saat, ulangi sekali lagi. Setelah itu, siramkan air bersih dengan tekanan kecil. Setelah tampak bersih, lalu gosok perlahan dengan campuran shampo sisanya.

Membersihkan Karat di Spion
Karat di dalam kaca spion merusak spion, dan menyusahkan dalam gerak dan pengaturan. Cara membersihkan karat tersebut dengan memuka spion, dan membersihkannya dengan kuas kecil. Jika karat sudah terlalu sulit untuk dibersihkan, dapat juga dengan menggosok dengan amplas halus. Setelah bersih, dilap dengan lap halus sampai karatnya hilang. Setelah itu pasang kembali spion elektriknya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More