Cara Mudah Mengenali Jenis Aki

Aki Basan (kiri) dan Aki Kering (kanan)
Bekasi (OTO.web.id) - Aki / Accu berfungsi sebagai sumber energi listrik untuk digunakan oleh komponen-komponen seperti starter, lampu, dan klakson. Terdapat dua jenis aki, yaitu aki basah dan aki kering.

Aki basah dapat dikenali, dengan adanya tutup yang berada di atasnya, yang berguna untuk menambah air accu (air suling). Kurangnya cairan dalam air aki basah disebabkan oleh penguapan, sebagai akibat dari pemakaian. Accu basah memerlukan perawatan yang continue.

Aki kering dapat dikenali dari bentuknya yang simple dan praktis, tanpa lobang pengisian. Aki kering disebut juga sebagai aki maintenance free (MF), yang berarti bebas perawatan. Aki kering tidak berisi H2SO4, tetapi berisi gel, sehingga jenis aki kering mempunyai penguapan yang sangat sedikit sekali (seperti hampir tidak ada penguapan), sehingga praktis tidak memerlukan penambahan (gel).

Di bawah ini adalah perbedaan antara aki basah dan aki kering:

  1. Aki basah menggunakan elektroda berwujud cairan, sementara elektroda aki kering berbentuk gel. 
  2. Cairan elektroda pada aki basah mudah menguap dan cepat berkurang, sedangkan gel yang menguap pada aki kering akan diubah lagi wujudnya menjadi gel. Oleh sebab itu, tingkat keawetannya lebih tinggi. 
  3. Apabila dirawat dengan benar, sebenarnya daya tahan aki basah bisa melampaui aki kering. Tetapi, kebanyakan orang merasa malas melakukan perawatan secara rutin, terutama mereka yang masih awam. 
  4. Jika elektroda di dalamnya habis, untul aki basah bisa dengan mudah diisi ulang menggunakan air suling. Namun hal ini tidak bisa dilakukan pada aki kering, dengan kata lain bila elektrodanya habis maka aki harus diganti. 
  5. Tingkat kesulitan perawatan aki kering jauh lebih mudah dibandingkan dengan aki basah. Bahkan, aki kering sering diklaim bebas perawatan. 
  6. Harga aki kering lebih mahal, karena aki ini merupakan pengembangan dari model aki basah. 

Demikian perbedaan antara aki kering dan basah. Semoga bermanfaat untuk Sobat semua. Terimakasih. (AR)

Foto : Istimewa

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More