Tipe-tipe Modifikasi Motor Custom

Bekasi (OTO.web.id) - Pada tahun 2017 ini Motor Custom menjadi salah satu trend diberbagai kota, terutama di Kota Jakarta. Dan sudah banyak sekali Komunitas-Komunitas Motor Custom yang biasanya kita jumpai di jalan-jalan, atau dimedia sosial.
Bagi kawan-kawan yang belum tahu tentang Motor Custom itu apa? saya akan menjelaskannya. Jadi, Motor Custom adalah Kegiatan merubah struktur maupun model motor standar menjadi lebih unik dan berbeda dari bentuk pabrikan atau aslinya, karena menyesuaikan keinginan, karakter, imajinasi, dan kenyamanan sang pemilik motor.
Motor Custom itu sendiri memiliki berbagai tipe-tipe modifikasi, pada bagian ini saya akan menjelaskan tentang Tipe-Tipe Modifikasi Motor Custom tersebut.
  1. CAFE RACER
D:\ARI\cafe racer.jpg
Sumber: www.highsnobiety.com
Cafe Racer merupakan genre Custom-Classic yang berasal dari Inggris. Seperti namanya “Racer”, Jenis motor ini identik dengan motor balap WorldGP era 1950-1960’an, (kalau saat ini MotoGP). Genre motor ini menjadi terkenal lantaran di era tersebut Inggris mempunyai banyak pembalap Legendaris dan sukses di arena GrandPrix. Hal yang membedakan dari motor lainnya adalah Stang yang menunduk dan rendah, model Tangki BBM yang memanjang, sehingga membuat ridernya membungkuk, seperti pembalap yang sedang menunggang Race Bike. Selanjutnya, Cafe Racer juga identik dengan Single-Seater, yaitu tanpa adanya jok untuk boncengan.
  1. CHOPPER
Hasil gambar untuk chopper
Sumber: auto.showstuffworks.com
Istilah chopper yaitu berupa kegiatan memodifikasi yang kerap mengubah desain tangki, spakbor, jok, hingga memotong rangka sasis. Aksi memotong rangka sasis ini kemudian terkenal dengan sebutan chopper, yang berasal dari kata dalam bahasa Inggris, “chop”. Istilah chopper lalu disebarluaskan pertama kali oleh gerombolan sepeda motor beraliran out law yang bernama Hell Angels, yang beranggotakan mantan penerbang US Air Force.
Modifikasi chopper secara umum bisa dikenali dari bentuk sudut kemudi yang agak menjulur ke depan, desain tangki bahan bakar yang minimalis, penggunaan roda belakang yang berukuran lebih besar dibanding roda depan, suspensi belakang rigid, jok single seater, hingga desain rangka belakang yang merapat. Selain itu, footstep yang ditempatkan di bagian sangat depan, serta penggunaan lampu depan berukuran besar dan berbentuk bulat.
  1. JAP  STYLE
Hasil gambar untuk japstyle
Sumber: https://dapurotomotif.com
Japs Style adalah aliran modifikasi yang berasal dari negeri Jepang yang sesuai dengan namanya Japs kependekan dari Japannese, aliran modifikasi ini sudah lebih dulu eksis disana dimulai pada pertengahan tahun 80′an. Semula kebanyakan builder modif sepeda motor disana tidak menganggap atau menamakan hasil karya modifnya dengan nama Japs Style, hal itu dikarenakan belum adanya paham soal modifikasi motor. Aliran modifikasi Jap Style bisa terlihat dari ubahan tangki bensin yang didesain lebih mengecil dan simpel, alas duduk atau jok yang dibuat lebih tipis dan rendah dari tanki, menggunakan stang semi hanger, lampu depan dan belakang kecil dan penggunaan ban yang besar dan lebar.
  1. SCRAMBLER
Hasil gambar untuk scrambler
Sumber: www.triumphmotorcycles.com
Scrambler pada dasarnya merupakan motor balap khas inggris yang balapannya di tanah terbuka dengan medan berat untuk mencapai suatu titik, kalau masa kini mungkin mirip balapan Enduro. Maka dari itu motor Scrambler biasanya memiliki stang lebar juga ground clearance dan posisi knalpot yang tinggi untuk memaksimalkan fungsi motor ini. Untuk ban menggunakan semi offroad atau bahkan memakai ban tahu. Kemudian tanki biasanya berbentuk bulat memanjang dan posisinya agak mendangak atau tidak datar, dan Lampu depan bulat.
  1. BOBBER
Hasil gambar untuk bobber
Sumber: www.triumphmotorcycles.co.uk
Modifikasi motor custom Bobber mempunyai ciri-ciri yang terletak pada bagian roda yaitu ban yang cenderung besar untuk depan maupun belakang. Bobber lahir lebih dulu dibanding chopper, keduanya sama prinsipnya yaitu memotong beberapa bagian, namun pada bobber sasis tetap standar.
  1. TRACKER
Hasil gambar untuk tracker custom
Sumber: www.pinterest.com
Aliran Tracker memiliki tampilan yang memiliki ciri khas diantaranya tangki yang kecil dan buntut yang meruncing. Tracker sendiri merupakan suatu ajang balapan di trek tanah. Motor beraliran Tracker ini menggunakan ban semi-dirt (Semi Kotak Tahu), sesuai dengan versi aslinya yang digunakan di lintasan tanah.
  1. STREET CUB
Hasil gambar untuk street cub
Sumber: www.pinterest.com
Streetcub berasal dari dua kata yaitu street dan cub. Street berarti jalan, dan cub adalah istilah untuk motor Honda ber cc kecil, kebanyakan motor bebek jaman dulu. Jadi streetcub diartikan motor ber-cc kecil yang berada dijalanan. Biasanya motor yang digunakan untuk custom StreetCub ini seperti, Honda C70, Honda Astrea 800, Honda Astrea Prima/Star, bahkan sekarang Honda Grand sudah banyak yang diubah tampilannya menjadi model streetcub. Ciri-ciri motor streetcub ini yaitu, stang pendek,  jok mini, tidak menggunakan spakbor, dan minim aksessoris.

  1. BRAT STYLE
Hasil gambar untuk bratstyle
Sumber: www.bratstyle.com

Bratstyle merupakan nama sebuah workshop modifikasi yang bertempat di Saitama, Jepang. Beberapa karya workshop Brat Style mempunyai ciri-ciri khusus yang membedakan dengan lainnya, yaitu seperti tangki chopper style, ban yang besar dan tinggi dengan kembangan klasik, warna yang cenderung flat dan gelap. (AR)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More