Cara Mudah Merawat Radiator Mobil

Radiator
Fungsi Radiator adalah sebagai penampung air yang telah menjadi panas setelah melalui saluran Water Jacket pada mesin, yang kemudian didinginkan melalui proses hembusan angin dari Kipas Pendingin Radiator ke arah kisi-kisi Radiator.  Oleh karenanya sangat dianjurkan agar kondisi radiator harus benar-benar terjaga dan terawat dengan baik. Untuk itu, jagalah kebersihan radiator, baik bagian dalam maupun luarnya.

Bagian Luar Radiator, terdapat kisi-kisi tipis yang berfungsi sebagai jalur keluar masuknya angin, seyogyanya dijaga tetap bersih, hingga tidak tersumbat oleh apapun, untuk memastikan volume angin yang mengalir akan lancar, dalam proses pendingingan cairan yang datang dari mesin tadi melalui saluran Water Jakcket, dapat dipastikan sudah optimal.

Untuk membersihkan kisi-kisi tersebut, Sobat dapat menggunakan kuas halus, juga dengan menyemprotkan air bertekanan rendah, agar tidak menimbulkan kerusakan pada kisi-kisi yang tipis tersebut.

Untuk mencegah Bagian Balam Radiator tidak karatan, maka Sobat perlu melakukanlah pengurasan air di dalamnya secara berkala, paling tidak setahun sekali.

Selang Radiator
Sobat perlu juga mengamati Selang Radiator yang berfungsi sebagai penghubung dari Mesin ke Radiator (biasanya letaknya di atas - sebagai saluran tempat mengalirnya cairan yang masih panas), dan dari Radiator ke Mesin (biasanya letaknya di bawah - sebagai saluran tempat mengalirnya cairan yang sudah didinginkan). Suhu dan tekanan air yang tinggi, tentunya dapat membuat selang radiator semakin lama, akan semakin mengembang, dan daya tahannya juga akan semakin menurun. Lakukanlah penggantian, jika memang sudah dianggap perlu.

Kerusakan pada Selang Radiator, akan sangat mempengaruhi temperatur mesin yang meningkat drastis. Jika hal ini terjadi, biasanya mesin akan mati.

Tutup Radiator
Amati apakah Pegas dan Karet Penyekat masih berfungsi dengan baik, atau tidak. Salah satu saja bermalah, akan dapat mengakibatkan peningkatan temperatur mesin.

Klem atau Pengikat Selang Radiator
Klem yang biasanya terbuat dari besi, atau baja ini berfungsi untuk memastikan sambungan antara selang dan radiator sudah benar-benar tidak ada celah. Klem selain menjaga agar hubungan Selang dan Radiator tidak sampai terlepas, juga yang paling penting tidak ada kebocoran diantara sambungan tersebut. Karena kebocoran pada hubungan tersebut, akan dapat mempengaruhi temperatur mesin Sobat.

Kipas Pendingin
Kipas Pendingin Radiator merupakan hal yang vital bagi proses pendinginan itu sendiri, oleh karenanya, Sobat perlu mengeceknya, dengan melihat apakah tali kipasnya masih baik / lentur (bagi Mobil lama). Bagi mobil baru,Sobat perlu mengamati dinamo Kipas Pendingin dan otomatisnya masih berfungsi dengan baik, dengan cara nyalakan mobil, dan tunggu hingga beberapa saat, mati hidupnya Kipas Pendingin tersbut.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More