Apa itu Radiator

Radiator adalah alat untuk memindahkan energi panas dengan media air, atau mendinginkan cairan pendingin yang telah menjadi panas, yang tujuannya untuk mendinginkan mesin. Pada umumnya Radiator digunakan untuk kendaraan bermotor (roda dua atau roda empat), tetapi radiator juga digunakan pada mesin diesel pembangkit tenaga listrik misalnya, seperti juga pada mesin mesin produksi atau mesin mesin lainnya yang bekerja dalam kondisi kerja berat atau lama.

Alur dari media air atau cairan pendingin yang telah menjadi panas, melalui saluran Water Jacket. Adapun konstruksi radiator terdiri dari, Upper Tank (tangki atas), Radiator Core (inti radiator) dan Lower Tank (tangki bawah).

Tangki Atas Radiator adalah bagian Radiator yang berfungsi untuk menampung air, yang telah panas dari mesin,. Tangki ini memiliki lubang pengisian yang dilengkapi Tutup. 

Radiator Core atau Tadiator Inti yang berfungsi untuk menyerap panas pada air yang telah panas, yang kemudian akan di dinginkan oleh kipas dan udara dari luar. Radiator Inti terdiri dari pipa-pipa air sebagai alur yang mengalirkan air dari Upper Tank ke Lower Tank, yang dilengkapi dengan sirip pendingin untuk membuang panas air yang berada pada pipa-pipa air tersebut.

Sementara proses pendinginan sudah berlangsung, maka Tangki Bawah (bottom tank/lower tank) berfungsi untuk menampung air yang telah didinginkan oleh kipas dan udara melalui Radiator Inti, yang selanjutnya disalurkan kembali ke mesin melalui Water Pump.

Begitu terus jalannya air atau cairan pendingin mesin.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More