Apa itu Manipol / Header

Manifold atau Header merupakan bagian yang menempel pada silinder head, dengan Knalpot. Manipor berfungsi untuk mengoptimasi kecepatan aliran gas buang, yang sangat berpengaruh pada peningkatan tenaga dan performa mesin.

Jadi tidak mengherankan, jika para engine tuner menempatkan Manipolt Custom sebagai salah satu syarat utama, agar performa mesin lebih baik. Untuk itu, diperlukan design jalur pipa yang benar-benar dapat mengalirkan udara secara smooth dan lancar, sehingga mengurangi penahanan flow.

Design yang dimaksud, dimulai dari diameter pipa yang disesuaikan dengan karakter, dan kapasitas mesin yang diinginkan. Dimana setiap pipa manifold mempunyai panjang yang sama, sehingga kecepatn gas buang yang dihasilkan setiap ruang bakar mempunyai karakter yang sama.

Lebih jelasnya, panjang pipa Manifold dan Tekukannya, sangat mempengaruhi performa pada RPM tertentu. Untuk mesin-mesin tertentu, Manifold dilapisi bahan keramik, agar dapat mereduksi panas. Konfigurasi yang digunakan biasanya adalah 4:1 (empat pipa manifold masuk menjadi 1 bagian pada pipa pembuangan / knalpot) atau 4:2:1 (empat pipa manifold menjadi dua bagian terpisah dan kembali menjadi satu bagian pada pipa pembuangan / knalpot.

Tetapi bagi motor yang pada umumnya memiliki 1 silinder, maka konfigurasinya pun dapat dikatakan 1:1

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More