Apa itu Knalpot

Knalpot adalah saluran pembuangan dari sisa hasil pembakaran yang terjadi di dalam mesin kendaraan bermotor. Knalpot pada kendaraan bermotor terdiri dari beberapa bagian, antara lain:

Header / Manipolt
Header adalah bagian ujung knalpot yang dipasang pada mesin. Sementara jumlah header pada knalpot, tergantung dari berapa banyak jumlah silinder mesin kendaraan tersebut. Fungsi utama dari header / manipolt, selain untuk menghubungkan knalpot dengan mesin, juga menyatukan semua jalur pembuangan berdasarkan silinder yang ada, menjadi satu pipa, yang akhirnya keluar melalui pipa knalpot.

Resonator
Resonator merupakan bagian terpenting dari knalpot itu sendiri, yakni berfungsi sebagai saringan knalpot. Selain menyaring, resonator juga berfungsi untuk mengolah bunyi bising yang dihasilkan oleh hasil pembakaran mesin.

Silencer
Silencer memiliki fungsi yang mirip Resonator, atau untuk membantu meminimalisisr suara bising yang dihasilkan oleh hasil pembakaran dari kendaraan bermotor. Tetapi jika, Resonator di letakan di tengah knalpot, Silencer diletakkan di bagian ujung knalpot. Pada motor, silencer juga biasanya berisi saringan yang berfungsi juga sebagai resonator, sedangkan pada mobil biasanya resonator berada di bagian kolong mobil, sedangkan silencer berada terpisah.

Pada mesin mesin 2 tak, terdapat bagian lain yang disebut chamber. Chamber pada knalpot 2 tak berfungsi melakukan gaya balik terhadap gas buang, hal ini dikarenakan mesin 2 tak tidak memiliki katup ex dan in, layaknya mesin 4 tak. Chamber dapat berperan untuk meningkatkan tenaga dari kendaraan 2 tak secara signifikan, karena chamber berperang melakukan proses perputaran gas masuk, dan gas buang, yang terjadi pada saat pembakaran sedang berlangsung.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More