Sejarah Mobil Pertama di Dunia

Mobil atau Otomobil berasal dari bahasa Yunani ‘Autos’ (Sendiri), bahasa Latin ‘Movére’ (Bergerak) adalah kendaraan beroda empat yang membawa mesin sendiri.

Di sisi lain, pada tahun 1801, Benz Patent Motorwagen penemu pertama kali mobil dengan tenaga uap, lalu dikembangkan oleh Cugnot. Tahun 1879, Nicolas Joseph Cugnot yang berasal dari Perancis terinspirasi dari kereta kuda yang diberi ban, dan membentuk sebuah mobil.

Seiring jalannya waktu, akhirnya pengembangan mobil dilanjutkan oleh seorang warga Britania yang bernama Richard Trevithick, dan akhirnya mobil dengan tenaga uap mengalami perkembangan lebih pesat lagi, ketika diteruskan lagi di Brimingham, Inggris oleh Lunar Society.

Pada tahun 1886, sorang warga Negara Jerman bernama Carl Benz mengembangkan mobil dengan bahan bakar bensin. Disusul oleh Gottlieb Daimler ,dan Wilhelm Maybach dari Sttugart juga ikut mengembangkan mobil dengan bahan bakar bensin pada waktu yang hampir bersamaan. Pada tahun 1879, Carl Benz menyelesaikan penemuan tersebut, dan menjadi sejarah ditemukannya mobil di dunia pertama kali yang dipatenkannya.

Sebuah penemuan baru lagi, sesudah Carl Benz, yakni mobil dengan model mesin dua stroke, yang akhirnya dipatenkan oleh George B. Selden pada tahun 1895. Selanjutnya banyak lagi inovator dalam pengembangan mobil tersebut. 

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More