Sejarah Chassis

Sejarah Singkat Rangka Mobil
Rangka mobil (Chassis) pertama kali dibuat oleh Charles dan F. Duryea dari Springfield, Massachussets, Amerika pada tahun 1893. Mobil pertama yang menggunakan chassis mirip dengan sebuah andong tanpa kuda. Mobil Duryea kemudian diikuti oleh elwood G. Hayhes, yang dirancang dan dibuat pada tahun 1894, oleh perusahaan Apperson Brothers. Kemudian diikuti oleh Henry Ford yang membuat mobil pertama pada tahun 1897.

Perkembangan teknologi rangka mobil relatif cepat. Hal ini dibuktikan dari jalannya perkembangan pembuatan chassis itu sendiri, yakni dari hasil yang kasar, dan produksi lambat, hingga ke hasil yang halus, indah, cepat, dan efisien seperti sekarang.

Model mobil yang tertutup, untuk pertama kalinya muncul pada 1911. Dimana tutup mobil bagian atasnya masih sangat sederhana. Fungsinya hanya sekedar melindungi penumpang dari hujan, dan terik matahari. Tutup bodi ada yang dibuat dari kanvas, tetapi ada juga dari pelat yang dipres. Untuk mobil dengan plat yang dipres, disebut dengan sebutan mobil hardtop.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More