Cara Mudah Merawat Motor

Cek Kondisi Oli
Oleh memiliki peranan penting untuk performas mesin, karena Oli berfungsi melumasi berbagai komponen mesin, antara lain; piston, seher, ring seher, ring, hingga kruk as. Sehingga agar kondisi mesin tetap prima, sebaiknya Sobat rutin memeriksa kondisi oli secara berkala. Jangan biarkan Oli di motor Sobat hingga berwarna kehitaman, atau kekentalan Oli sudah berkurang. Penggantian Oli yang baik, adalah mengkuti buku petujung dari motor yang besangkutan.

Cek Kondisi Aki
Air aki memiliki batas maksimum, dan minimum yang berpengaruh terhadap mesin. Sobat perlu mengecek batas maksimum dan minimum air aki, karena jika air aki melewati batas maksimum, dan minimum, hal ini akan mempercepat kerusakan pada sel accu, yang dapat merusak bagian lain.

Cek Kondisi Rantai dan Roda Gigi
Jangan Sobat biarkan kondisi rantai motor terlalu kendur, atau terlalu kencang. Jika terlalu kendur, dapat membuat rantai copot dari gir, sedangkan jika terlalu kencang dapat membuat rantai putus.

Perhatikan kondisi roda gigi, apakah masih baik, dan belum tajam. Jika roda gigi sudah tampak tajam, sebaiknya Sobat segera menggantinya, kaena kondisi roda gigi tajam dapat mengakibatkan  rantai putus tiba-tiba.

Cek Kondisi Busi dan Kabel Koil
Busi dan Koil adalah satu kesatuan dalam proses pembakaran, mengingat betapa pentinya dua komponen tersebut, sebaiknya Sobat memeriksa keduanya secara berkala, terlebih lagi jika Sobat sudah melalui jarak tempuh + 12.000 km.

Amati apakah ada retakan pada kabel koil atau tidak, jika ada retakan, sebaiknya segera diganti, sebab kabel koil ini menghubungkan arus listrik dengan tegangan yang tinggi  ke busi.

Bersihkan Filter Kaburator
Setiap motor memiliki jenis karburatornya masing-masing, juga jenis filter masing-masing. Perawatan filter kaburator dapat dilakukan dengan dua cara, yakni; jika motor Sobat menggunakan filter basah, maka Sobat dapat membersihkannya dengan Bensin dan Oli, sedangkan untuk filter kering, Sobat dapat menyemprotkannya dengan kompresor

Cek Selang Bensin
Selang bensin yang menghubungkan antara karburator dan tangki bensin, dapat fatal jika terdapat kebocoran. Untuk itu Sobat perlu mengeceknya, apakah selang bensin motor Sobat masih lentur atau sudah mengeras? Jika sudah mengeras, maka selang bisa saja bocor, atau ada retakan pada titik tertentu yang mengakibatkan serbuk kotor. terbawa ke karburator.

Jangan Memanaskan Mesin Terlalu Lama
Jika ingin memanaskan mesin, sebaiknya jangan terlalu lama. Panaskan mesin motor Sobat, hanya dalam waktu 2-5 menit saja. Manfaatkan pemansan mesin sebelum digunakan adalah, karena pemanasan mesin berfungsi untuk menaikkan oli, dan melumasi komponen mesin yang akan bergerak.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More