Cara Mudah Merawat Mobil

Dasar perawatan Mobil yang sederhana, antara lain:

1. Ganti Oli secara Berkala
Kinerja Mesin sangat tergantung dengan kwalitas Oli yang ada di dalam mesin tersebut, sehingga untuk menjaga kondisi mesin selalu prima, Oli mobil selayaknya wajib diganti secara berkala, juga tepat waktu sesuai dengan aturan standar masing-masing tipe mobil. Pada umumnya penggantian oli setelah kendaraan menempuh jarak antara 3000 km hingga 5000 km.

Pemilihan Oli yang tepat, adalah kunci utamanya, karena dengan jenis oli yang sesuai dengan kebutuhan standar mesin mobil Sobat, dapat menghindari terjadinya panas berlebih pada mesin. Sebagai pelumas, dimana oli memiliki peran menahan gesekan yang terjadi pada sebuah mesin, Oli juga berperan penting pada ketahanan sebuah mesin mobil.

2. Cek Air pada Radiator
Peranan Radiator sebagai penetralisir panas mesin mobil, sehingga jika air sampai tidak sesuai ukuran yang diharuskan oleh masing-masing tipe mobil, dapat bedampak mesin menjadi overheating (panas yang berlebihan), pada akhirnya dapat merusak mesin, atau yang fatal mesin menjadi bengkok. Untuk itu, seyogyanya pengececekan radiator dapat dilihat setiap pagi, sebelum mobil dipanaskan.

3. Bersihkan filter Karburator
Saringan karburator jika kotor akan berdampak menyumbat angin yang masuk ke kaburator, yang selanjutnya di teruskan pada pembakaran. Jika ini terjadi, maka hal ini dapat menjadi penyebab mesin mobil susah dihidupkan. Disamping mengganggu kelancaran pembakaran.

Membersihkan  cukup dengan cara sederhana menggunakan sikat gigi bekas untuk melepas kerak, dan kotoran yang menempel pada sarigan. Hindari jangan sampai terlalu keras menyikatnya, sehingga membuat filter rusak atau bolong.

4. Pacu mobil Sobat
Mesin Mobil dengan pola pembakaran, tentunya lama kelamaan akan menghasilkan kerak pada beberapa bagian mesinnya. Untuk mengatasinya, tidaklah terlalu sulit. Sobat hanya perlu memacu kendaraan Sobat di jalan bebas hambatan, hal ini berdampak mengangkat kerak yang ada, dan keluar melalui knalpot.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More