Cara Mudah Menyetel Rpm

Langkah-langkah yang harus diambil saat menyetel Rpm

  • Panaskan  motor kurang lebih 2 menit
  • Putar penyetel langsam yang ada dikarburator pada sebelah kiri motor, hingga putaran mesin menengah atau + 4000 RPM
  • Setel skrup udara yang ada di bagian bawah pada karburator dengan menggunakan alat Obeng (-) kecil
  • Besarnya stelan angin adalah kurang lebih antara 2 – 3 putaran. (putar kekanan mentok putaran 360 derajat, dan kembalikan kekiri hingga 2 – 3 putaran hingga ke temu putaran mesin yang paling stabil)
  • Kecilkan RPM dengan memutar Baut Penyetel Langsam, kekiri hingga ditemukan 1200 - 1300 RPM, dengan melihat jarum penunjuk pada Tachometer. Kendala saat Menyetel Langsam :
    • Mesin tersendat-sendat (tidak bisa stabil)
    • Amati lubang Main Jet dan Slow Jet, jangan sampai ada yang menyumbat, periksa apakah sudah terpasang dengan baik
    • Ukuran Main Jet dan Slow Jet sudah sesuai dengan standar, apabila tidak sesuai, maka akan susah untuk langsam, karena campuran Bensin tidak tepat
    • Amati, apakah ada kebocoran udara pada karburator dan Intake Manifold
    • Putaran mesin turun terlalu lama (nge-gerung)
    • Amati kemungkinan baut karburator masih kendor, sehingga ada kebocoran udara
    • Amati kedudukan Jarum Skep & Skep sudah tepat dan tidak macet/seret pada saat balik
    • Amati per skep mungkin sudah lemah
    • Amati lubang Main Jet dan Slow Jet, pastikan tidak tersumbat dan sudah terpasang dengan baik
    • Amati, kemungkinan Bensin bercampur dengan air, hal ini dapat dilihat dari apakah knalpot nembak-nembak setelah gas ditarik
    • Amati, lubang main jet dan Pilot Jet, pastikan tidak tersumbat, dan sudah terpasang dengan baik
    • Amati, apakah ada kerusakan pada Seal (karet) pada stelan angin, dengan membuka dan melepas Skrup setelan angin dari karburator
    • Amati dan pastikan, bahwa Skrup stelan angin tidak cacat (ujung yang lancip pada stelan angin tidak patah).

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More