Apa itu Power Steering

Power steering adalah peralatan hidrolik untuk meringankan sistem kemudi. Kerja sistem kemudi yang menggunakan teknologi power steering, menggunakan mekanisme gabungan antara hidrolik, dan mekanik, dimana keduanya bekerjasama untuk menghasilkan putaran kemudi yang ringan.

Untuk menambah keamanan berkendara, mobill modern memperlengkapi dengan ban berukuran lebar, dan bertekanan rendah, yang mampu menambah daerah kontak permukaan roda ke permukaan jalan, yang secara langsung mempengaruhi beratnya kemudi. Untuk itulah pabrikan memikirkan, bagaimana agar pengemudi tetap nyaman berkendara, dengan berkendara secara aman.

Power steering, saat ini sudah digunakan tidak saja oleh sedan kelas atas, tetapi kendaraan besar, bahkan sudah digunakan untuk mobil-mobil penumpang kecil.

Power steering mempunyai dua tipe, yakni hidraulik dan elektrik. Untuk Power Steering hidraulik, kini sudah digunakan pada hampir semua model kendaraan roda 4 ke atas. Tiga komponen utama dari power steering hidraulik, yakni: pompa vane, katup kontrol dan power cylinder.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More