Aksesoris Mobil yang Perlu Dihindari

Mengganti Lampu :
Pabrikan tentunya sudah memperhitungan kebutuhan Lampu dari mobil yang mereka produksi. Lampu mobil memiliki masing-masing kegunaan. Seperti lampu besar, yang berfungsi sebagai penerangan jalan bagi pengendaranya. Lampu Sein, sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain, agar pengendara lain tahu, bahwa kita akan berbelok arah. Sedangkan lampu tembak,  digunakan untuk memberi peringatan / minta jalan.

Setiap lampu pada kendaraan memiliki warna lampu yang berbeda, hal ini disesuaikan dengan kebutuhannya, atau sudah mejadi standar yang dibakukan, dan memiliki makna informasi yang berbeda-beda. Pada kendaraan, lampu depan selalu berwarna putih, atau kuning muda. Sedang lampu sein, selalu berwarna kuning, sementara lampu rem, selalu berwarna merah, Untuk lampu mudur, juga memakai warna putih.

Jadi, sebaiknya jangan meruba warna lampu, karena dapat membuat pengendara lain salah paham, dan dapat mengakibatkan kecelakaan.

Merubah Pedal
Seperti halnya Lampu, pabrikan juga sudah menghitung dengan cermat, mengenai segi keamanan berkendara. Tetapi banyak pecinta otomotif, yang ingin mengubah interior, hanya dengan kreasi saja, tanpa memperhitungkan keselematan berkendara. Contohnya mengubah pedal karet bawaan pabrik dan melapisinya (cover) dengan bahan metal, hal ini agar terlihat trendy. Sementara dari sisi keselamatan berkendara, hal ini justru berbahaya, karena bahan karet yang digunakan sebenarnya memiliki fungsi agar tidak licin.

Penggunaan Forklift Knob
Forklift Knob, atau Alat Pemutar Stir ini, yang dipasang pada lingkar kemudi adalah aksesori yang wajib dihindari. Aksesori seolah membuat pengemudi lebih nyaman, untuk manover kiri dan kanan. Namun perlu diingat, kendaraan yang bawa khan sedan bukan Forklif, yang tidak memiliki jarang tempah yang jauh. Yang ditakutkan dengan hal ini, adalah kecenderungan menggampangan pengemudi, untuk mengendalikan stirnya, dalam kecepatan tinggi, ini sangat membahayakan, karena membuat kendali setir tidak sepenuhnya berada di kedua genggaman tangan.

Selain itu, aksesoris ini dapat menyebabkan cedera pada pergelangan tangan pengendaranya, saat sang pengemudi ingin manover dengan kedua tangannya, bisa-bisa salah satu tangannya tertahan oleh Forklift Knob tersebut..

Bull Bar (tanduk)
Penggunaan tanduk bemper (bull bar), sangat tidak disarankan untuk digunakan di dalam kota. Dikhawatirkan, jika menyenggol kendaraan lain, akan mengakibatkan kerusakan lebih parah dibanding jika memakai bemper standar. Lebih dikhawatirkan lagi adlaah, jika sampai menabrak manusis,  akan dapat cedera serius, yang bisa mengalami kematian.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More