Apa itu Chasis

Definisi Chassis
Chassis adalah rangka dari sebuah kendaraan sebagai penopang berat, dan beban kendaraan, memegang mesin, dan body. Bahan chassis biasanya dari besi baja, agar memiliki kekuatan untuk menopang beban dari kendaraan. Chassis berfungsi pula menjaga agar mobil tetap rigid, kaku dan tidak mengalami bending atau deformasi waktu digunakan. Jenis Jenis Chassis.

Ladder frame
Chassis ini sesuai namanya, yakni bentuknya menyerupai tangga, dan jenis chassis ini adalah jenis yang tertua, dan banyak digunakan khusunya untuk kendaraan berbeban berat (heavy duty). Chassis ini biasanya terbuat dari material baja simetris, atau model balok yang kemudian di perkuat dengan crosmembers dan joint. Untuk lebih memperkuat, ada kalanya Ladder Frame diberi tambahan perkuatan besi menyilang, agar tetap menjaga kekuatan strukturnya.
Monocoque
Chassis jenis ini dahulu orang menyebutnya dengan sebutan Chasis Tunggal, karena Body kendaraan berfungsi sebagai Chassis itu sendiri, sehingga bentuknya sanggat tergantung dari model dari kendaraan yang bersangkutan. Chassis monocoque (dibaca monokok), kekuatan utamanya ada pada lembaran baja composit yang disatukan, atau diperkuat. Saat ini jenis Chassis monocoque banyak diaplikasikan pada kendaran ringan, karena dapat menghemat pemakaian bahan, dan mempersingkat proses produksi. karena tidak perlu membuat chassis dan memasangkannya dengan body
Tubular Space Frame
Jenis Chassis ini mengunakan bermacam balok, atau pipa yang dirangkai menjadi satu, dan hampir menyerupai konstruski kendaraan yang bersangkutan. Chassis ini biasanya banyak diaplikasikan pada mobil balap, Jenis Chassis dapat mengikuti desain yang diinginkan, yang tentunya juga diberi perkuatan tambahan. Dalam struktur jenis ini sangat penting untuk memastikan semua bidang saling terkait, pada setiap sisinya, yang kadang memiliki kecenderungan keterkaitannya berbentuk sambungan segi tiga. Sehingga kekuatan dari Chassis ini, sangat tergantung dari mutu, dan kualitas sambungan las setiap sendinya.
Backbone Chassis
Ide awalnya dengan membuat struktur depan, dan belakang yang terhubung dengan sebuah rangka tube yang melintang disepanjang mobil. Namun tidak seperti transmisi tunel, chassis Backbone ini hampir seluruhnya berstruktur kaku, dan dapat menahan semua beban. Chassis Backbone memiliki kekakuan dari luas area bagian backbone itu sendiri.
Aluminium Space Frame
Jenis chassis yang pertama kali dikembangkan oleh perusahaan mobil Audi, bersama dengan perusahaan pembuat aluminium Alcoa. Aluminium Chassis Frame dibuat untuk menggantikan chassis baja monocoque, untuk menghasilkan rangka yang ringan. Chassis jenis ini dikalim 40% lebih ringan dibanding dengan chassis baja monocoque, tetapi 40% lebih Rigid / Kaku.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More